Yuk Rutin Memperbaiki Diri, Ukht! - Shaliha Hijab

Yuk Rutin Memperbaiki Diri, Ukht!

1 tahun yang lalu      Tips dan Kisah Muslimah

Bisnis macet, usaha gak lancar atau kerjaan berantakan?

Instrospeksi diri adalah cara tepat untuk mulai memperbaikinya. Selain kesalahan atau kelalaian diri, mungkin ada dosa yang sedang kita berbuat beberapa waktu belakangan. Cobalah ingat ingat kembali apa yang telah kita perbuat. Bukannya marah - marah ketika masalah menghampiri, lalu meratap kepada Allah, "Ya Allah ujian apa lagi ini?".

Contoh lainnya Ukhti ingin kepengajian. Namun ban motor kempes.
Nah ingatlah mungkin dalam minggu - minggu belakangan ada dosa yang kita perbuat. Bukannya introspeksi diri kita terkadang menyalahkan Allah dan tidak bersikap rasional. Apalagi dikala masalah datang bertubi, "Kenapa selalu memberiku cobaan ya Allah", "ini tidak adil ya Allah", dan kata - kata keluhan lainnya.

Tidaklah Allah menimpakan suatu musibah kepada para hambaNya yang mu’min kecuali untuk tiga hal,

1. Mengangkat derajat bagi orang yang tertimpa musibah, karena kesabarannya terhadap musibah yang telah Allah tetapkan.
2. Sebagai cobaan bagi dirinya.
3. Sebagai pelebur dosa, atas dosanya yang telah lalu.

Jangan saat ada masalah kita malah suudzon kepada Allah sebab Su’udzon (berprasangka buruk) pada Allah merupakan sifat tercela yang harus dijauhi dari diri setiap orang yang beriman karena hal ini merupakan salah satu dari dosa besar. Sikap seperti ini juga merupakan kebiasaan orang-orang kafir dan munafiq.

Allah berfirman :
.
وَّيُعَذِّبَ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْمُنٰفِقٰتِ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَ الْمُشْرِكٰتِ الظَّآنِّيْنَ بِاللّٰهِ ظَنَّ السَّوْءِ ؕ عَلَيْهِمْ دَآئِرَةُ السَّوْءِ ۚ وَ غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ وَلَعَنَهُمْ وَاَعَدَّ لَهُمْ جَهَنَّمَ ؕ وَسَآءَتْ مَصِيْرًا
.
"dan Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, dan (juga) orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran (azab) yang buruk, dan Allah murka kepada mereka dan mengutuk mereka, serta menyediakan Neraka Jahanam bagi mereka. Dan (Neraka Jahanam) itu seburuk-buruk tempat kembali."
(QS. Al-Fath: Ayat 6)

Mari lebih banyak introspeksi diri lagi ya Ukhti.




Komentar Artikel "Yuk Rutin Memperbaiki Diri, Ukht!"