Sahabat sejati dalam pandangan Islam - Shaliha Hijab

Sahabat sejati dalam pandangan Islam

1 bulan yang lalu    
Sahabat sejati dalam pandangan Islam

Imam Syafi'ie (Rahimahullah) berpesan :
“Jika engkau punyai sahabat yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah; maka peganglah dia erat-erat; dan jangan sesekali kau lepaskannya. Karena mencari teman baik itu susah. Tetapi melepaskannya sangat mudah sekali".

Al-Hasan Al-Bashri(Rahimahullaah) berkata :
“Perbanyaklah sahabat-sahabat mu'minmu, karena mereka memiliki Syafa'at pada hari kiamat."

Ukhti, setiap orang pasti membutuhkan orang lain. Kita saling berhubungan satu sama lain dan menjalin persahabatan, persaudaraan, dan kerja sama. Persahabatan membuat hidup kita lebih bermakna dan menyenangkan. Betapa tidak enaknya jika kita tak punya seseorang yang menjadi sahabat dikala suka duka.

So, Ukhti jika kita menemukan dan memiliki sahabat sejati maka jagalah baik-baik hubungan dengannya hingga persahabatan kita bisa terus terjalin bahkan, hingga ke surga Allah.

Berikut tips untuk menjalin dan menjaga hubungan persahabatan agar tetap langgeng :

1. Niatkan bersahabat hanya untuk mencari ridha Allah

Ketika segala hal kita niatkan untuk mencari ridha Allah, begitupun dalam bersahabat maka jalinan ikatan yang terjalin akan sangat kokoh. Persahabatan sejati hanya bisa diwujudkan dengan niat ini, iman yang kokoh dan kuat. Seberapa besar masalah apapun yang akan menimpa, akan bisa diatasi insyaAllah dengan keyakinan penuh hanya mengharap ridha Allah.

2. Saling tolong menolong dalam kebaikan bukan dalam keburukan

Sahabat biasa saling tolong menolong dalam keadaan apapun. Nah, jika kita saling tolong menolong dalam kebaikan maka ikatan persahabatan akan semakin bermanfaat bagi semuanya dan akan semakin kokoh ikatan persahabatan yang terjalin.

3. Saling menyayangi 

Hal sederhana yang bisa kita perbuat untuk sahabat kita sebagai wujud rasa sayang bisa dengan menemuinya dengan wajah suka-cita, senyum tulus ikhlas, dan sambutan hangat ketika berjumpa dengannya.
Ukhti, kita juga bisa ! mengungkapkan melalui kata-kata indah bahwa kita menyayanginya hanya karena Allah, niscaya sahabat kita juga akan menyayangi kita hanya karena Allah.
Semakin kokohlah ikatan persahabatan yang dijalin dengan rasa saling menyayangi hanya karena Allah. Mudah bukan dipraktikan?! ?

4. Saling memberi hadiah

Ingatlah hari istimewa sahabat kita, misalnya hari pentingnya, hari dimana dia mau diwisuda, hari dia mendapatkan kenaikan jabatan, hari dimana dia mendapatkan penghargaan, dan lain-lain. Hari istimewa bagi sahabat bisa menjadi momen yang sangat tepat untuk memberinya hadiah agar dia bahagia. Sebagaimana islam mengajarkan untuk Saling memberi hadiah agar saling menyayangi.

5. Selalu perlakukan baik sahabat kita

Ukhti, sesungguhnya yang paling berhak mendapatkan perlakuan baik dari kita adalah orang-orang terdekat. Orang-orang terdekat itu dimulai dari keluarga dan sahabat. Mereka yang berhak mendapatkan perlakuan baik dari kita dibandingkan orang yang belum kita kenal. Sebagaimana Nabi mengajarkan "Sesungguhnya mukmin haram hukumnya disakiti".

6. Doakan sahabat kita secara sembunyi-sembunyi 

Doa adalah hal terindah yang bisa kita berikan kepada sahabat. Doa gratis dan setiap waktu bisa kita lakukan untuk menjaga sahabat kita agar senantiasa berada dalam lindungan Allah dan keimanan. Bukankah Nabi mengajarkan Doa adalah senjata mukmin?

Doa yang membuat mukmin kuat dengan campur tangan Allah untuk melalui segala halangan dan rintangan dalam kehidupan. Ringankan beban sahabat kita dan jagalah sahabat kita dari mara bahaya melalui doa-doa kita ya Ukhti.
.




Komentar Artikel "Sahabat sejati dalam pandangan Islam"