Menangislah Karena Allah - Shaliha Hijab

Menangislah Karena Allah

1 tahun yang lalu      Pribadi Muslimah

Menangis putus karena pacar? Menangis karena tidak lulus?
Tidak ada manfaatnya dan air mata yang keluar itu menjadi sia sia belaka jika hanya berdasarkan pada kenikmatan dunia saja.

Namun jika menangis karena Allah, menangis karena takut akan Allah, menangis karena dosa yang telah kita perbuat?
Air mata yang jatuh kali ini tidak sia sia sama sekali, malah memiliki keutamaan di sisi Allah.

“Dua mata yang tidak akan disentuh oleh neraka; mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang berjaga di jalan Allah.”
(HR. At-Tirmidzi).

Jadi untuk apa membuang buang air mata karena hal-hal yang tak semestinya?

Dari Abu Umamah radhiyallahu ’anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada sesuatu yang lebih dicintai Allah daripada dua tetesan dan dua bekas. Tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah yang tertumpah di jalan Allah. Sedangkan dua bekas itu adalah bekas-bekas fii sabilillah (jihad) dan bekas-bekas mengamalkan kewajiban Allah.”
(HR. At-Tirmidzi dan Adh-Dhiya’).

Abu Yahya, Malik bin Dinar menyatakan bahwa menangisi satu kesalahan dapat menggugurkan banyak kesalahan, sebagaimana angin yang menggugurkan daun-daun yang kering. Meskipun dua orang malaikat senantiasa menghitung nafas-nafasmu dan merekam suaramu yang pelan, serta selalu menuliskan dalam catatan amal dan tidak mengenal lupa. Namun dalam menghadapi tangisan, kondisinya bisa berbeda.

Yazid Ar-Riqasyi berkata,
“Telah sampai riwayat kepadaku bahwa orang yang menangisi satu dosa dan sekian dosa-dosanya, maka dua malaikat penjaganya lupa terhadap dosa tersebut.”

Ukhti, lebih baik baperan sama Allah yang memiliki banyak sekali manfaat dari pada baper memikirkan ia yang meninggalkan misalnya.

Tetap istiqomah Ukhti.
Semangat.




Komentar Artikel "Menangislah Karena Allah"