5 Keutamaan ini yang membuat pagimu makin berkah dengan ibadah Sholat Dhuha - Shaliha Hijab

5 Keutamaan ini yang membuat pagimu makin berkah dengan ibadah Sholat Dhuha

2 tahun yang lalu      Ibadah Muslimah

Sholat dhuha, seberapa sering Ukhti melaksanakannya?

 

Sudah tahukah manfaat dan keutamaan sholat dhuha selain dapat pahala dari Allah? Atau malah sudah lupa nih sama pelajaran agama di sekolahnya dulu tentang keutamaan Sholat Dhuha?

Yuk disimak keutamaan - keutamaan sholat dhuha yang sayang banget kalo dlewatkan,

 

~ SHOLAT DHUHA SEBAGAI PENGGANTI SEDEKAH ~

 

“Pada pagi hari, setiap persendian salah seorang dari kalian wajib bershadaqah; setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, menyuruh berbuat baik adalah shadaqah, melarang dari yang mungkar adalah shadaqah, dan itu semua cukup dengan dua raka’at shalat Dhuha yang ia kerjakan”.

(HR. Muslim)

 

Dari hadist ini jelas dikatakan bahwa kita wajib untuk melakukan sedekah setiap harinya. Namun jika kita tidak mampu untuk melakukan sedekah, kita bisa menggantinya dengan sholat dhuha sebanyak minimal 2 rakaat ¼ jam setelah munculnya matahari hingga ¼ jam sebelum masuk waktu sholat dzuhur.

Memang tidak ada dalil yang mengatakan bahwa keutamaan sholat dhuhaadalah untuk melancarkan rezeki, namun ternyata sholat dhuha dapat mengganti sedekah dimana sedekah adalah amalan yang dapat memperlancar rezeki.

Allah SWT berfirman,

.

وَمَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمُ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ وَ تَثْبِيْتًا مِّنْ اَنْفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍۢ بِرَبْوَةٍ اَصَابَهَا وَابِلٌ فَاٰتَتْ اُكُلَهَا ضِعْفَيْنِ ۚ فَاِنْ لَّمْ يُصِبْهَا وَابِلٌ فَطَلٌّ ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

.

"Dan perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya untuk mencari rida Allah dan untuk memperteguh jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

(QS. Al-Baqarah: Ayat 265)

 

~ SHOLAT DHUHA MEMBUAT KITA KEMBALI TAAT ~

“Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin.”

(HR. Ibnu Khuzaimah; hasan)

Orang-orang yang menjaga sholat dhuhanya setiap hari akan dianggap sebagai orang yang kembali taat di jalan kebaikan islam.

 

~ AKAN DITUNTASKAN SEMUA PERMASALAHAN SEPANJANG HARI ~

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.”

(HR. Ahmad)

Dengan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat (2×2), semua permasalahan kamu sepanjang hari insya Allah akan lancar dan tuntas dengan hasil terbaik.

 

~ MENDAPATKAN PAHALA LAYAKNYA PERGI HAJI & UMRAH ~

“Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna..”

(Shahih al-Jami`: 6346).

Bayangkan, hanya dengan menunaikan sholat dhuha kamu bisa memperoleh pahala layaknya menunaikan ibadah haji dan umrah. Sungguh besar kenikmatan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

 

~ AMAN DARI DOSA SEHARIAN ~

“Barangsiapa yang melakukan shalat dhuha maka akan di ampuni dosa-dosanya, sekalipun dosanya itu seperti buih di lautan. Sesuai dengan sebuah hadits Rasulullah yang di riwayatkan oleh Tirmidzi. Yaitu,

”Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, maka akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah. Sekalipun itu seperti buih di lautan.”

[HR-Tirmidzi]

Keutamaan sholat dhuha yang terakhir adalah diampuninya dosa-dosa selama 1 hari penuh. Jika setelah sholat dhuha dengan tidak sengaja melakukan perbuatan dosa, maka dosa-dosa akan diampuni dengan sendirinya. Akan tetapi, jangan disalah artikan setelah sholat dhuha kita sengaja berbuat dosa, tentu saja bukan begitu maksudnya.

Jadi Ukhti, jangan lupa rutinkan shalat dhuha tiap paginya ya.

 

Shaliha Hijab

lebih anggun dalam kesederhanaan




Komentar Artikel "5 Keutamaan ini yang membuat pagimu makin berkah dengan ibadah Sholat Dhuha"